fb Morula IVF Indonesia
BAHASA | ENGLISH | 中国
ARTIKEL

Semen Analysis (pemeriksaan sperma)

 
istock_000032028624large-sperm

Semen analysis merupakan sebuah pemeriksaan laboratorium yang bertujuan untuk menganalisis berapa banyak air mani(semen) yang dihasilkan seorang pria serta menunjukkan jumlah dan kualitas sperma dalam air mani.Pemeriksaan ini merupakansalah satu langkah pemeriksaan pertama yang dilakukan untuk mengetahui apakah seorang pria memiliki masalah kesuburan(infertilitas). Lebih dari sepertiga pasangan yang tidak memiliki anak (infertil)memiliki masalah pada faktor sperma.

Persiapan

Anda akandiminta untuk menghindari aktivitas seksual yang menghasilkan ejakulasi selama2 sampai 5 hari sebelum pengambilan sampel. Hal ini membantu untuk memastikan bahwa jumlah sperma Anda akan berada pada tingkat tertinggi. Jika memungkinkan, jangan menghindari aktivitas seksual selama lebih dari 1 sampai 2 minggu sebelum pengambilan sampel.Jangka waktu yang terlalulama tanpa aktivitas seksual dapat menyebabkan pergerakan sperma kurang aktif.

Pengambilansampel

Anda akan diminta untuk memberikan sampel air mani. Hal ini biasanya dilakukan dengan ejakulasi ke dalam tabung sampel bersih yang disediakan. Anda dapat melakukan pengambilan sampel di ruang pribadi yang umumnya disediakan laboratorium atau rumah sakit. Jika Anda tinggal dekat dengan laboratorium yang melakukan pemeriksaan, Anda dapat mengumpulkan sampel air mani di rumah, namun sampel harus segera diantarkan ke laboratorium segera setelah ejakulasi. Jauhkan sampel dari sinar matahari langsung. Selama membawa sampel air mani, jaga agar wadah berada sedekat mungkin dengan tubuh Anda agar sampel berada pada suhu yang mendekati suhu tubuh normal. Jangan mendinginkan sampel air mani

  • Cara yang paling umum untuk melakukan pengambilan sampel air mani adalah dengan masturbasi. Tidak disarankan untuk menggunakan pelumas pada proses pengambilan sampel karena akan mempengaruhi hasil pemeriksaan.
  • Jika metode ini berlawanan dengan keyakinan Anda, sampaikan kepada dokter Anda agar dapat didiskusikan cara-cara yang berbeda untuk mendapatkan sampel.
  • Sampel air mani dapat bervariasi dari hari ke hari, jika diperlukan dua atau tiga sampel yang berbeda dapat diperiksa dalam jangka waktu 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.
  • Analisis air mani yang bertujuan untuk menilai seberapa baik vasektomi, dilakukan 6 minggu setelah tindakan vasektomi.

 

Hasil

Hasil dari analisisair mani umumnya dapat diketahui dalam satu hari. Nilai normal dapat bervariasi dari laboratorium ke laboratorium. Hal-hal yang dinilai pada analisis air mani meliputi:

ü  Volume adalah ukuran dari berapa banyak air mani dalam satu kali ejakulasi. Normal: 2–5 milliliter (mL) (0.002–0.005 L/ SI units) per ejakulasi

ü  Waktu Pencairan (Liquefaction time) Semen adalah gel tebal pada saat ejakulasi, namun kemudian menjadi cair dalam waktu ±20 menit setelah ejakulasi. Waktu pencairan adalah waktu yang dibutuhkan oleh semen untuk berubah menjadi cairan yang lebih encer. Normal: 20–30 menit dari ejakulasi.

ü  Jumlah sperma (Sperm count) jumlah sperma per mililiter (mL) air mani dalam satu ejakulasi. Normal: 20 juta spermatozoa per milliliter (mL) atau lebih.

ü  Morfologi sperma (Sperm morphology) Persentase sperma yang memiliki bentuk normal. Normal: lebih dari 30% spermatozoa berbentuk normal. Spermatozoa dapat dinilai abnormal melalui bentuk kepala dan bentuk ekor. Misalnya satu spertatozoa memiliki 2 kepala atau 2 ekor, ukuran ekor pendek, bentuk kepala kecil, bentuk kepala bulat dan lain-lain. Bentuk spermatozoa yang abnormal mengakibatkan sperma tidak dapat bergerak maupun membuahi sel telur dengan baik. Walaupun demikian bentuk sperma yang abnormal merupakan hal yang umum ditemukan pada setiap analisis air mani. Oleh karena itu yang dinilai adalah seberapa besar persentase bentuk sperma yang normal dari satu ejakulasi.

ü  Motilitas sperma (Sperm motility)  Persentase sperma yang dapat bergerak maju secara normal. Normal: Lebih dari 50% menunjukkan gerakan yang normal setelah 1 jam.

ü  PH Ukuran dari keasaman (pH rendah) atau kebasaan (pH tinggi) dari air mani. Normal: pH 7.1–8.0

ü  Jumlah sel darah putih (White blood cell count) Sel darah putih merupakan hal yang seharusnya tidak ditemukan dalam analisis air mani. Normal: Tidak ditemukan sel darah putih

ü  Tingkat Fruktosa (Fructose level)àJumlah gula yang disebut fruktosa dalam air mani. Fruktosa berfungsi sebagai sumber energi bagi sperma.Walaupun demikian saat ini pemeriksaan tingkat fruktosa pada analisa air mani bukanlah hal yang secara rutin dilakukan.

 

Hal yang dapat mempengaruhi hasil analisa

Analisa air mani tidak dapat sepenuhnya dinilai atau menurun sensitifitasnya jika:

ü  Anda mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan jumlah sperma, misalnya hormon (testosteron, estrogen), sulfasalazine, nitrofurantoin, beberapa obat kemoterapi dan lain sebagainya.

ü  Anda mengkonsumsi kafein, alkohol, kokain, ganja, atau tembakau.

ü  Anda menggunakan obat-obatan herbal yang belum sepenuhnya diketahui pengaruhnya terhadap hormonal atau jumlah sperma secara langsung.

ü  Sampel air mani Anda berada pada suhu dingin sebelum diperiksa. Nilai motilitas sperma akan rendah dan tidak akurat jika sampel air mani terpapar dingin.

ü  Anda terkena radiasi, beberapa bahan kimia (seperti pestisida tertentu atau spermisida), atau panas berkepanjangan.

ü  Sampel air mani Anda tidak lengkap.Tidak semua air mani terkumpul di tabung saat pengambilan sampel.

 

Beberapa kondisi dapat dihubungkan dengan jumlah sperma yang rendah.Antara lainorkitis, varikokel, sindrom Klinefelter, pengobatan radiasike testis, dan penyakit lainnya yang dapat menyebabkan menyusutnya(atrofi) testis.Pastikan untuk memberitahu dokter Anda tentang obat-obatan atau suplemen,medis maupun herbal, yang Anda konsumsi dan komunikasikan dengan dokter Anda apabila terdapat hal-hal yang Anda khawatirkan akan mempengaruhi hasil analisa air mani anda.

ARTIKEL TERKAIT

  • infertilityontherisenew-300x199

    Faktor Ketidaksuburan Pada Wanita

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan ketidaksuburan pada wanita. Salah satunya adalah gangguan pada organ reproduksi. Ada beberapa faktor lagi yang dapat anda lihat di dalam artikel ini.

  • 24522122_ml

    Mengapa Anda Bisa Menjadi Tidak Subur?

    Infertility adalah ketidakmampuan pasangan suami istri untuk mencapai kehamilan setelah 1 tahun berhubungan tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau ketidakmampuan untuk mempertahankan kehamilan. Umumnya, pasangan butuh 5-6 bulan untuk bisa hamil. Mengapa seseorang bisa tidak subur? Lihat lebih...

  • 32011467_l

    Pengaruh Obesitas pada Kesuburan

    Obesitas merupakan masalah yang umum terjadi di seluruh dunia. Kelebihan berat badan dan obesitas sering dihubungkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dll. Apa pengaruh obesitas pada kesuburan? Baca informasi lebih lengkapnya di artikel ini.

  • ICSI

    Teknologi Berbantu ICSI dan IMSI

    Setahun terakhir, teknik baru dalam pemilihan sperma diterapkan di klinik-klinik kesuburan di Indonesia. Teknik tersebut, yaitu Intracytoplasmic morphologically selected sperm injection (IMSI), adalah teknik memilih sperma untuk mendapatkan sperma berkualitas. Baca lebih lanjut di artikel ini.

  • keluarga 6

    Keluarga Morula

    Keluarga Morula

TESTIMONIAL

5th yll sempet minder blm dikasi keturunan, lgs fokus cari tau Αϑα apa dg reproduksi αкυ ϑάn suami, tentunya cari info dok yg sekiranya oke jg dong. Tanpa pikir panjang, lgs ke BIC (dr ivan) mll proses periksa bertahap, αкυ suami putuskan  ikut ivf. Dengan pantauan team dokter suster handal, sabar, komunikatif, ϑάn  kami  bismillah, yakin, sabar, bdoa, ikhtiar, ikhlas Alhamdulilah, اللّهَُ kasih jalan, ivf kami berhasil, kehamilan kembar tripet. . Alhamdulillah semua tumbuh sehat, .. ♔τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ч̲̅o̲̅u̲̅♔ team BIC  ({})

Setelah lebih dari 10 tahun saya & suami mencoba u/ memiliki anak, Morula menjadi tempat dimana kami dapat mewujudkan harapan. Di Klinik Morula kami mendapatkan pelayanan dan konsultasi yg profesional, tanpa mengalami kendala berarti, dua bulan setelah mengikuti proses awal IVF, saya dinyatakan hamil.Kebahagian bertambah dibulan berikutnya dengan adanya kabar bahwa saya hamil triplet. Rasa bahagia dan syukur yg mendalam atas keberhasilan program IVF yg kami jalankan. Thanks to Dr. Indra Anwar dan Dr. Agustin serta seluruh perawat yg terlibat dlm keberhasilan program IVF. Keep the good work!

Tidak pernah terbayang, bila kini hari hariku dan suami, ramai oleh riuh rendah suara anak-anak dan segala perabotannya. Dalam waktu 2 tahun setelah 9 tahun kosong, triplet ( Raina, dan adiknya rayya terlahir mengisi kehidupan kami. Thanks to God, dr ivan and morula, harapan itu bisa menjadi kenyataan. Aku bisa memeluk, mencium dan bermain bersama keempat buah hatiku. Lengkap sudah rasanya .. life is miracle. Morula is a miracle ..

‎Mimpi 11 thn pernikahan saya terwujud ditahun 2014 dengan kelahiran baby Gwen Shania Ivanikarmel Sinaga melalui program ivf di Morula Jakarta..saya mengucapkan trimakasih buat dr Ivan Sini SpOG yang sudah sabar membantu proses bayi tabung dan proses kelahiran baby Gwen ke dunia ini.. 

Semua testimoni
GALERI
  • IMG_1564
  • IMG_0507
  • WhatsApp Image 2017-07-31 at 1.29.06 PM
  • IMG_917944
  • unnamed
  • 14692061_1147553608656647_1880102189472884558_o
  • IMG-20160408-WA0043(1)
  • 10522767_923472937731383_597399852056795438_n
  • aktivitas-morula-2
  • baby6-w
  • Morula IVF 1
  • keluarga 6
  • foto2-morula10
  • foto2-morula45
  • foto2-morula61