Morula IVF

Pentingnya Menyiapkan Kehamilan Bagi Orangtua

March 28, 2020

Pentingnya Menyiapkan Kehamilan Bagi Orangtua

Pentingnya Menyiapkan Kehamilan Bagi Orangtua

Anak adalah hadiah terindah bagi pasangan suami istri. Tak bisa dipungkiri, kehadiran anak, begitu didambakan dan ditunggu- tunggu. Kehadiran buah hati diharapkan dapat memperkuat ikatan suami istri.

Sayangnya, bagi sebagian orang, punya anak tidak selalu mudah. Karena itu demi hadirnya seorang anak, apapun rela dilakukan.

Tubuh perempuan sudah dirancang sedemikian rupa untuk menjadi tempat bagi tumbuh dan berkembangnya janin, hingga dia lahir di usia yang mencukupi yaitu sekitar 37 sampai 40 minggu.

Kesehatan janin termasuk pembentukan organ tubuh dan kelengkapan anggota tubuhnya, sepenuhnya tergantung pada kesehatan calon ibu dan ayah. Itu sebabnya, persiapan kesehatan menyeluruh harus dilakukan oleh pasangan jauh-jauh hari sebelum menikah.

Persiapan kehamilan diperlukan untuk:

Memudahkan terjadinya pembuahan atau konsepsi.

Menjalani kehamilan yang sehat. Menghindari atau meminimalkan komplikasi kehamilan.

Melahirkan bayi yang sehat.

Mempermudah pemulihan setelah melahirkan.

Menjalani masa-masa pasca-persalinan dengan lebih menyenangkan.

Meminimalkan munculnya masalah kesehatan yang akan dialami bayi di usia dewasanya kelak.

Yang tak boleh dilupakan adalah persiapan pranikah. Faktor ekonomi kerap menjadi faktor terpenting bagi pasangan yang akan menikah. Karir dan penghasilan bagus yang akan menjamin ketersediaan sandang – pangan – papan bagi seluruh keluarga, memang penting.

Tapi ada hal lain yang juga tak kalah penting, yang justru kerap diabaikan dan disikapi dengan “nanti sajalah, kalau sudah menikah” adalah masalah kesehatan pasangan, berkaitan dengan tugas reproduksi sebagai umat manusia.

Kebanyakan orang tidak sepenuhnya tahu kondisi tubuhnya secara pasti. Mungkin dia tampak sehat, padahal menyimpan masalah kesehatan yang tak terdeteksi, misalnya penyakit-penyakit infeksi atau penyakit keturunan.Bagi pasangan yang ingin menikah, pemeriksaan pranikah membantu mengenali lebih dini hal-hal yang berpotensi mengganggu kesehatan beserta risikonya dan kemungkinan berkembangnya di masa mendatang.

Pasangan yang bertalian darah berisiko memiliki anak yang lahir membawa kelainan-kelainan atau penyakit-penyakit genetik. Itu sebabnya penting dilakukan tes untuk mengetahui penyakit genetik yang mungkin mereka miliki dan membantu mengatasinya. Pemeriksaan pranikah merupakan serangkaian tes menyeluruh yang disarankan dijalani oleh pasangan yang akan menikah.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung