Morula IVF

Mengenal Ciri & Tanda Menstruasi Akan Segera Datang

August 8, 2024

Mengenal Ciri & Tanda Menstruasi Akan Segera Datang

Menstruasi atau haid adalah fenomena alami yang dialami oleh setiap wanita usia subur. Mengetahui dan memahami gejala serta tanda-tanda haid mau datang sangat penting bagi wanita untuk dapat mempersiapkan diri secara fisik dan emosional. Tanda-tanda ini dapat bervariasi dari satu wanita ke wanita lain, namun beberapa gejala umum sering kali dialami menjelang datangnya menstruasi. Artikel ini akan mengulas secara komprehensif mengenai berbagai gejala umum dan tanda haid mau datang sehingga Anda dapat lebih mengenali dan memahami perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. 

Tanda-Tanda Mau Haid

1. Perubahan Suasana Hati

Banyak yang beranggapan bila ciri-ciri wanita yang akan segera mendapatkan haid cenderung akan menjadi lebih sensitif. Hal ini ternyata bukanlah mitos belaka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 75% wanita mengalami perubahan suasana hati seperti merasa mudah marah, cemas, atau sedih beberapa hari sebelum menstruasi dimulai (Yonkers et al., 2008). Kondisi perubahan suasana hati alias ‘mood swing’ ini dikenal sebagai Premenstrual Syndrome (PMS) 

Pemicu dari tanda-tanda mau haid ini diakibatkan tak lain dan tak bukan oleh perubahan hormon. Beberapa hari sebelum menstruasi, Anda mungkin mengalami perasaan ingin menangis atau merasa marah dan mudah tersinggung. Jika tiba-tiba Anda mulai merasakan hal tersebut, itu dapat menjadi tanda utama bahwa haid akan segera datang. 

2. Jerawat

Ciri-ciri mau haid selanjutnya adalah mengalami ‘breakout’ atau bermunculannya jerawat. Meskipun jerawat adalah masalah umum yang bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja, wanita dewasa lebih sering mengalami permasalahan jerawat dikarenakan permasalahan hormon saat haid. Menjelang menstruasi, dapat terjadi peningkatan hormon androgen yang dapat menyebabkan produksi minyak kulit (sebum) meningkat dan dapat menyumbat pori-pori sehingga berakibat pada munculnya jerawat. Jerawat yang hanya muncul pada saat siklus menstruasi ini disebuit sebagai jerawat siklik.

3. Rasa Nyeri atau Berat pada Payudara

Pada saat akan menstruasi, Anda akan mengalami perubahan hormon estrogen, progesteron, dan prolaktin, hormon-hormon yang terkait dengan menyusui. Hal ini juga akan menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada payudara. Setelah melewati masa ovulasi hingga beberapa hari setelah pendarahan haid dimulai, sangat umum jika Anda merasakan nyeri atau payudara terasa bengkak. Pada sebagian wanita, tanda-tanda mau haid ini dapat berlangsung hingga pendarahan haid selesai atau berakhirnya siklus menstruasi dan pada sebagiannya lagi hanya merasakannya pada saat awal-awal periode menstruasi saja.

Tanda-tanda mau haid
Sumber gambar: Freepik

4. Kelelahan tetapi Sulit Tidur

Masih disebabkan oleh perubahan hormon pada saat menjelang menstruasi, ciri-ciri mau haid selanjutnya adalah Anda mungkin akan mengalami gangguan pada pola tidur. Perubahan kadar estrogen dan progesteron bisa memberikan efek peningkatan suhu inti tubuh, terutama saat tidur sehingga pada kebanyakan wanita, hal ini membuatnya merasa lebih sulit untuk tidur. Hal ini akan berujung pada rasa kelelahan karena kurang berkualitasnya istirahat.

5. Kram Perut

Kram perut di bagian bawah adalah keluhan menstruasi yang paling sering. Kram yang terjadi sebelum atau selama menstruasi disebut dismenore primer. Berbeda dengan banyak gejala lain yang dimulai 1-2 minggu sebelum haid dan berakhir saat perdarahan dimulai, kram biasanya muncul tepat sebelum haid dan berlangsung selama 2-3 hari.

Baca juga: Penyebab dan Solusi untuk Anda yang Sering Terlambat Haid

6. Nyeri Punggung Bawah

Selain rasa nyeri pada payudara dan kram di perut, ciri-ciri haid lainnya adalah muncul rasa nyeri pada area punggung bawah Anda. Hal ini dikarenakan perubahan zat kimia alami yang disebut prostaglandin yang melapisi rahim sehingga menyebabkan kontraksi yang juga dapat dirasakan di punggung atau paha Anda.

7. Sembelit atau Diare

Saat mendekati haid, sistem pencernaan Anda cenderung berada akan berada di keadaan ekstrem. Anda bisa mengalami kesulitan buang air besar atau sembelit atau justru sebaliknya, diare. 

Cara Agar Cepat Haid
Sumber gambar: Freepik

8. Perut Kembung

Perut yang terasa kembung adalah ciri-ciri akan haid lainnya yang bisa Anda alami mendekati periode menstruasi. Peningkatan hormon progesteron menjelang haid dapat memengaruhi saluran pencernaan dan memperlambat pergerakan usus sehingga berpotensi membuat perut terasa kembung serta sembelit. Jika Anda termasuk yang kerap mengalami tanda-tanda akan haid satu ini, Anda bisa mengurangi gejalanya dengan memastikan asupan cairan tubuh terpenuhi, konsumsi lebih banyak buah dan sayuran, serta berolahraga secara teratur. 

9. Sakit Kepala

Ciri-ciri haid lainnya adalah rasa sakit pada kepala yang disebabkan oleh perubahan kadar estrogen. Jika Anda rentan terhadap migrain, Anda mungkin akan lebih sering mengalami serangan migrain sebelum memasuki periode haid. Untuk mengatasinya, Anda bisa konsultasikan gejala mau haid Anda ini kepada dokter dan konsumsi obat pereda sakit kepala sesuai anjuran dokter. 

10. Mengidamkan Makanan Tertentu

Bukan tanpa alasan mengapa Anda mungkin tiba-tiba menginginkan cokelat (atau mungkin makanan lainnya) saat mendekati periode menstruasi. Sama seperti ciri-ciri akan haid sebelumnya, kondisi ini berkaitan dengan perubahan kadar hormon. Fluktuasi hormon ini dapat membuat Anda menginginkan makanan-makanan tertentu dan dapat memengaruhi nafsu makan kita pada berbagai titik dalam siklus menstruasi. Tak jarang pula pada sebagian kasus terjadi peningkatan nafsu makan saat mendekati haid. Namun, jangan lupa untuk tetap jaga pola makan sehat dan minumlah banyak air untuk kurangi kemungkinan perut kembung serta gejala PMS lainnya menjelang haid. 

Baca juga: Jangan Takut, Begini Program Hamil Untuk Haid Tidak Teratur

Memahami ciri-ciri haid atau tanda-tanda haid mau datang sangat penting bagi wanita untuk dapat mempersiapkan diri dan menangani gejala-gejala tersebut dengan lebih baik. Jika gejala-gejala yang dialami sangat mengganggu, konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Penelitian dan pendapat para ahli menegaskan pentingnya kesadaran dan pemahaman akan perubahan tubuh wanita menjelang menstruasi. 

Dengan memahami dan mengenali tanda-tanda ini, wanita dapat mengelola siklus menstruasi mereka dengan lebih baik dan menjaga kesejahteraan fisik dan emosional mereka. 

Untuk dapatkan lebih banyak informasi seputar kesehatan sistem reproduksi ataupun program hamil, konsultasikan dengan tenaga profesional Morula IVF. Morula IVF adalah klinik fertilitas terbaik di Indonesia,menawarkan konsultasi kandungan profesional dan komprehensif dengan dokter-dokter spesialis kandungan berpengalaman. Dengan pengalaman lebih dari 26 tahun, Morula IVF memiliki tim dokter spesialis kandungan yang berdedikasi untuk membantu pasangan untuk memiliki buah hati yang sehat. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi atau telusuri website resmi Morula IVF untuk menyampaikan pertanyaan maupun konsultasi. 

Referensi 

Sumber gambar: Freepik

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung