Morula IVF

Ingin Haid Datang Lebih Cepat? Simak Tips dan Caranya Ini!

August 5, 2024

Ingin Haid Datang Lebih Cepat? Simak Tips dan Caranya Ini!

Cara Agar Cepat Haid – Menstruasi atau haid adalah proses alami yang penting dalam siklus reproduksi wanita. Bagi beberapa wanita, memiliki siklus menstruasi teratur sangatlah penting, entah untuk perencanaan kehamilan atau untuk kesehatan secara umum. Namun, ada kalanya situasi tertentu memerlukan menstruasi datang lebih cepat dari biasanya. Apakah Anda termasuk yang tengah mencoba untuk mempercepat datangnya haid? Berikut ini adalah beberapa tips dan cara agar cepat haid atau menstruasi. 

Tips & Cara Agar Cepat Haid 

1. Olahraga teratur

Sudah bukan rahasia jika aktivitas fisik yang teratur dapat memengaruhi hormon dalam tubuh, termasuk hormon-hormon yang mengatur siklus menstruasi. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction, cukupnya kegiatan olahraga dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan mempengaruhi kecepatan kedatangan menstruasi.  

Jika siklus menstruasi Anda mulai tidak teratur dan terhambat, olahraga dapat menjadi cara agar Anda cepat menstruasi kembali. Namun, perlu diingat bahwa olahraga yang berlebihan atau terlalu intens dapat memiliki efek sebaliknya dan bahkan menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi. Jadi, lakukanlah tips agar cepat haid ini secukupnya saja dan teratur.

2. Kurangi stress

Sebuah studi pada tahun 2018 menunjukkan hubungan antara tingkat stress dan ketidakteraturan siklus menstruasi. Hal ini dimungkinkan karena terganggunnya kadar kortisol dan endorfin akibat respon dari stress, yang pada akhirnya mempengaruhi hormon-hormon yang mengatur siklus menstruasi Anda. Maka dari itu, salah satu cara cepat haid atau mempercepat datang bulan yang tertunda selanjutnya adalah dengan mengurangi tingkat stress Anda.  

Ada banyak teknik untuk mengelola stres. Mulai dari mengurangi beban kerja (terutama bekerja larut malam), melakukan yoga, latihan pernapasan dalam, meditasi, menulis jurnal, mandi air hangat, menggunakan bantal pemanas atau botol air hangat, menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga, berpartisipasi dalam hobi atau kegiatan yang menyenangkan, serta mendapatkan nutrisi yang baik dan cukup tidur. Dengan tidur yang cukup, Anda tak hanya bisa mengurangi stress tetapi juga menyeimbangkan hormon sehingga dapat mempercepat datangnya haid yang tertunda. 

Ibu Hamil Malas dan Sensitif
Sumber gambar: Freepik

3. Konsumsi buah nanas segar

Nanas segar adalah sumber kaya bromelain, sebuah enzim yang berfungsi untuk mengurangi peradangan. Namun, ternyata selain itu, Bromealin dalam buah nanas juga diyakini memengaruhi estrogen dan hormon lainnya sehingga disebut-sebut dapat dijadikan salah satu cara untuk mempercepat datangnya haid. Untuk dapatkan manfaat maksimalnya, konsumilah buah nanas segar untuk hindari kurangnya kandungan bromealin serta campuran kandungan lainnya dalam proses pengolahannya. 

Baca juga: Inilah Penyebab Haid Lama dan Cara Mengatasinya

4. Konsumsi tumbuhan-tumbuhan dalam kelompok ‘Emmenagogues’

Cara cepat menstruasi atau haid selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi racikan dari tumbuh-tumbuhan ‘Emmenagogues’. Emmenagogues merupakan jenis tumbuhan yang merangsang aliran darah di daerah panggul dan rahim, beberapa diantaranya juga dipercaya dapat merangsang menstruasi. Beberapa jenis tanaman ini cukup mudah untuk Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya adalah Parsley, Jahe, Mugwort, Kayu Manis, Chammomille, Temulawak, hingga Saffron. Untuk mempercepat haid lewat bahan-bahan herbal ini, Anda bisa kalian seduh sebagai teh ataupun dijadikan bahan dan bumbu pelengkap masakan.

5. Vitamin C

Meski belum memiliki bukti ilmiah pendukung, tak sedikit orang mempercayai konsumsi vitamin C dapat membantu mempercepat kedatangan menstruasi. Hal ini mungkin disebabkan oleh efek potensial vitamin C terhadap kadar estrogen dan progesteron, hormon yang bertanggung jawab atas siklus menstruasi. 

Dan, untuk meningkatkan asupan vitamin C secara alami, Anda cukup konsumsi buah-buahan sitrus seperti jeruk ataupun grapefruit hingga sayuran cruciferious seperti brokoli dan kubis brussels.

Baca juga: Keluar Gumpalan Daging Seperti Lemak Saat Haid, Berbahaya?

6. Menggunakan obat-obatan hormonal

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa jadi disebabkan oleh hormon-hormon reproduksi, terutama estrogen dan progesteron. Gangguan pada kadar hormon ini dapat menjadi salah satu penyebab terlambatnya datang bulan. Untuk itu, cara agar cepat haid ketika memiliki masalah pada kadar hormon-hormon adalah dengan mengkonsumsi obat hormonal. Dengan menstabilkan kembali kadar hormon, Anda bisa mempercepat datangnya haid yang sebelumnya tertunda. Beberapa contoh obat hormonal yang cukup umum dikonsumsi agar cepat haid adalah obat yang mengandung kombinasi progesteron dan estrogen, bromocriptine, metformin, klomifen, atau FSH (follicle stimulating hormone). Namun, pastikan konsultasikan terlebih dahulu penggunaan obat-obatan ini dengan dokter serta sesuaikan penggunaannya dengan anjuran dari dokter.

Vitamin untuk Ibu Hamil
Sumber gambar: Freepik

7. Berhubungan Seks (atau Orgasme)

Kekurangan nutrisi dapat mempengaruhi produksi hormon, sehingga pola makan yang kekurangan nutrisi penting dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Sehingga cara agar cepat haid lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbaiki asupan nutrisi Anda. Cobalah perbanyak konsumsi makanan yang kaya zat besi, vitamin, dan mineral. Selain itu, pertimbangkan makanan sehat seperti sayuran hijau, protein tanpa lemak, serta biji-bijian. 

Baca juga: Bayi Tabung: Pengertian, Prosedur, Persiapan, Keunggulan dan Biayanya

Menstimulasi agar menstruasi lebih cepat datang bukanlah hal yang selalu direkomendasikan tanpa pertimbangan matang. Keseimbangan hormon dalam tubuh sangatlah penting untuk keseluruhan kesehata tubuh Anda, dan tindakan-tindakan atau upaya untuk mengubah siklus menstruasi secara paksa dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, sebelum mencoba cara-cara di atas, penting untuk mempertimbangkan keadaan individu dan berkonsultasi dengan tenaga profesional seperti dokter fertilitas jika diperlukan. Tentunya, setelah Anda berhasil menerapkan cara agar cepat menstruasi, terapkanlah pola hidup sehat dan konsultasikan kesehatan sistem reproduksi Anda ke dokter agar selanjutnya haid menjadi lebih teratur. 

Dan, untuk Anda yang memiliki permasalahan atau ingin konsultasikan lebih dalam mengenai kesehatan sistem reproduksi khususnya kandungan, Anda bisa konsultasikan dengan dokter-dokter kandungan profesional di Morula IVF Indonesia. Klinik fertilitas terbaik di Indonesia ini menawarkan konsultasi kandungan profesional dan komprehensif. Dengan pengalaman lebih dari 26 tahun, Morula IVF memiliki tim dokter spesialis kandungan yang berdedikasi untuk membantu pasangan untuk memiliki buah hati yang sehat. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi atau telusuri website resmi Morula IVF untuk menyampaikan pertanyaan maupun konsultasi. 

Referensi: 

Sumber gambar: Freepik

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung