BAHASA | ENGLISH | 中国
ARTIKEL

Proses Pembuahan dan Terjadinya Kehamilan

 
foto2-morula4146

Menjadi ibu adalah saat paling menyenangkan. Kehamilan yang terjadi akibat proses pembuahan, merupakan saat yang paling dinanti. Misteri pembuahan yang terjadi di dalam tubuh, tak dapat dirasakan atau disadari sampai kehamilan terjadi beberapa minggu.

Terjadinya pembuahan dan kehamilan tak lepas dari peran:

  1. Hormon

Yaitu zat kimia yang diproduksi di bagian tertentu di dalam tubuh. Hormon beredar bersama aliran darah dan berdampak pada bagian tertentu tubuh. Misalnya hormon estrogen atau hormon seks perempuan, dibuat di ovarium. Estrogen memberi dampak yang berbeda bagi tubuh perempuan. Pada anak usia pubertas, estrogen membantu pertumbuhan buah dada dan mengendalikan menstruasi. Pada perempuan dewasa hormon ini penting untuk kehamilan.  

  1. Ovulasi

Sejak lahir, bayi perempuan sudah mempunyai sel telur. Di awal masa kanak- kanaknya, dia mulai kehilangan sel telur. Tetapi sampai usia 50 tahun, seorang perempuan masih punya 1000 sel telur.   Siklus ovulasi dipicu oleh hormon yang dikendalikan dari kelenjar pituitary di otak.

Kelenjar ini melepaskan hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone) yang merangsang folikel dalam ovarium. FSH merangsang sekitar 20 folikel pada permukaan ovarium untuk tumbuh. Di dalam folikel itu terdapat sel telur yang sedang berkembang.

Hormon lain, yaitu estrogen yang diproduksi di ovarium. Dalam merespon untuk meningkatkan estrogen, folikel terbesar melanjutkan perkembangannya. Itu sebabnya kehamilan seringkali hanya menghasilkan satu bayi.

Sedangkan LH (luteinizing hormone), juga diproduksi di kelenjar pituitary, menyebabkan folikel di dalam ovarium melepaskan telur. Pelepasan telur inilah yang disebut ovulasi. Umumnya ovulasi terjadi di pertengahan siklus atau 14 hari sebelum hari pertama menstruasi. Siklus ini dikendalikan oleh hormon.

Hormon-hormon tertentu ‘memberi tahu’ ovarium untuk melepas telur dan menyiapkan tubuh untuk hamil. Setelah ovulasi, folikel yang kosong membentuk susunan yang disebut corpus luteum yang memproduksi hormon yang disebut progesteron. Progesteron akan meningkat setelah ovulasi dan menyiapkan rahim untuk menerima telur yang sudah dibuahi.

Pembuahan oleh sel sperma, jika itu terjadi, akan terjadi di tuba falopi kemudian bergerak menuju rahim. Jika telur tidak dibuahi atau embrio tidak tertanam di rahim, tingkat progesteron menurun dan terjadilah menstruasi. Semua siklus itu akan dimulai lagi.

TESTIMONIAL

5th yll sempet minder blm dikasi keturunan, lgs fokus cari tau Αϑα apa dg reproduksi αкυ ϑάn suami, tentunya cari info dok yg sekiranya oke jg dong. Tanpa pikir panjang, lgs ke BIC (dr ivan) mll proses periksa bertahap, αкυ suami putuskan  ikut ivf. Dengan pantauan team dokter suster handal, sabar, komunikatif, ϑάn  kami  bismillah, yakin, sabar, bdoa, ikhtiar, ikhlas Alhamdulilah, اللّهَُ kasih jalan, ivf kami berhasil, kehamilan kembar tripet. . Alhamdulillah semua tumbuh sehat, .. ♔τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ч̲̅o̲̅u̲̅♔ team BIC  ({})

Setelah lebih dari 10 tahun saya & suami mencoba u/ memiliki anak, Morula menjadi tempat dimana kami dapat mewujudkan harapan. Di Klinik Morula kami mendapatkan pelayanan dan konsultasi yg profesional, tanpa mengalami kendala berarti, dua bulan setelah mengikuti proses awal IVF, saya dinyatakan hamil.Kebahagian bertambah dibulan berikutnya dengan adanya kabar bahwa saya hamil triplet. Rasa bahagia dan syukur yg mendalam atas keberhasilan program IVF yg kami jalankan. Thanks to Dr. Indra Anwar dan Dr. Agustin serta seluruh perawat yg terlibat dlm keberhasilan program IVF. Keep the good work!

Tidak pernah terbayang, bila kini hari hariku dan suami, ramai oleh riuh rendah suara anak-anak dan segala perabotannya. Dalam waktu 2 tahun setelah 9 tahun kosong, triplet ( Raina, dan adiknya rayya terlahir mengisi kehidupan kami. Thanks to God, dr ivan and morula, harapan itu bisa menjadi kenyataan. Aku bisa memeluk, mencium dan bermain bersama keempat buah hatiku. Lengkap sudah rasanya .. life is miracle. Morula is a miracle ..

‎Mimpi 11 thn pernikahan saya terwujud ditahun 2014 dengan kelahiran baby Gwen Shania Ivanikarmel Sinaga melalui program ivf di Morula Jakarta..saya mengucapkan trimakasih buat dr Ivan Sini SpOG yang sudah sabar membantu proses bayi tabung dan proses kelahiran baby Gwen ke dunia ini.. 

Semua testimoni
GALERI
  • IMG_0507
  • WhatsApp Image 2017-07-31 at 1.29.06 PM
  • IMG_917944
  • unnamed
  • 14692061_1147553608656647_1880102189472884558_o
  • IMG-20160408-WA0043(1)
  • 10522767_923472937731383_597399852056795438_n
  • aktivitas-morula-2
  • baby6-w
  • Morula IVF 1
  • keluarga 6
  • foto2-morula10
  • foto2-morula45
  • foto2-morula61