BAHASA | ENGLISH | 中国
ARTIKEL

Implantation bleeding

 
implantation bleeding

Implantation bleeding atau perdarahan implantasi merupakan istilah yang belum banyak diketahui.

Implantation bleeding adalah perdarahan bercak berwarna merah muda atau kecoklatan yang disebabkan karena implantasi/ tertanamnya embrio/ sel telur yang sudah dibuahi ke dinding dalam rahim. Hal ini tidak selalu terjadi pada setiap kehamilan, kurang lebih hanya 1/3 wanita yang mengalami pendarahan implantasi pada awal kehamilannya. Pendarahan implantasi sebagai salah satu tanda-tanda awal kehamilan umumnya terjadi 6-12 hari setelah telur dibuahi. Terjadinya perdarahan implantasi tidak membahayakan bayi, dan sebagian besar wanita yang mengalami pendarahan implantasi pada awal kehamilan, tetap memiliki kehamilan yang sehat dan normal.

Perdarahan bercak mungkin merupakan pendarahan implantasi yang menjadi tanda terjadinya kehamilan tetapi hal ini juga dapat menjadi tanda mulainya periode menstruasi. Sulit untuk membedakan antara keduanya, sehingga hal ini sering menjadi hal yang menghawatirkan. Banyak wanita yang salah menilai hal ini sebagai awal periode menstruasi, terutama bila siklus menstrusinya tidak teratur.

Jumlah perdarahan, lamanya dan warna bercakdapat membantu Anda menentukan apakah Anda akan mengalami menstruasi normal atau jika Anda mungkin mengalami pendarahan implantasi.

Umumnya, perdarahan yang disebabkan oleh implantasi akan berwarna coklat atau merah muda. Perdarahan yang terjadi juga sangat ringan dan terjadi dalam waktu singkat. Perdarahan tidak terus menerus melainkan dapat datang dan pergi serta terjadi dalam jumlah yang sangat sedikit. Beberapa wanita juga mengeluhkan kram perut ringan pada periode ini. Karena pendarahan terjadi hanya beberapa hari setelah pembuahan , tanda kehamilan lainnya juga belum muncul.

1.Aliran

Perbedaan utama antara pendarahan implantasi dan menstruasi adalah aliran. Perdarahan yang disebabkan oleh implantasi sangat ringan dan tidak akan semakin berat, sedangkan menstruasi umumnya dimulai dengan perdarahan ringan dan menjadi semakin berat dari waktu ke waktu. Perdarahan dari implantasi tidak akan disertai bekuan darah seperti pada menstruasi normal.Sederhananya, pendarahan implantasi sangat ringan dan tetap ringan. Jika konsistensi aliran mendapat lebih berat, Anda mungkin mendapat haid.

2. Warna

Spotting/ flek atau perdarahan yang berwarna coklat atau merah muda mungkin merupakan tanda dari implantasi. Beberapa wanita bahkan mungkin mengalami darah coklat gelap. Perdarahan berwarna merah terang adalah tanda menstruasi.

3.Cramping

Menstruasi dan pendarahan implantasi keduanya dapat menyebabkan kram dan nyeri perut. Kram menstruasi umumnya lebih intens dari kram yang disebabkan oleh implantasi. Jika Anda mengalami kram perut yang ringan atau samar yang tidak meningkat intensitasnyadengan disertai flek warna pink terang atau debit coklat, ini merupakan perdarahan yang mengarah pada perdarahan implantasi.Mengapa implantasi dapat menyebabkan kram? Telur yang telah dibuahi akan menempel pada lapisan rahim mengakibatkan kontraksi otot-otot rahim. Ketika kontraksi ini terjadi , ujung saraf akan terganggu dan menyebabkan nyeri yang terasa mirip dengan kram menstruasi . Kram bisa berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari .

4.Konsistensi

Perdarahan dari implantasi umumnya akan berlangsung selama satu sampai dua hari, tetapi beberapa wanita mungkin mengalami hal ini lebih lama. Setiap wanita dan kehamilan berbeda, sehingga lama perdarahan dapat bervariasi.Pada perdarahan implantasi, flek umumnya datang dan pergi. Sedangkan pada menstruasi perdarahan akan terus berlangsung sepanjang durasi penuh periode Anda ( biasanya 4-7 hari ). Flek/ spotting dapat disebabkan oleh banyak hal selain perdarahan implantasi. Sebagian besar penyebab flek umumnya tidak berbahaya, namun ada juga yang harus ditangani dengan serius. Jika anda sedang mencoba untuk hamil dan mengalami gejala seperti perdarahn implantasi, maka tidak perlu panik karena hal tersebut bisa jadi sepenuhnya normal. Kunjungi dokter anda untuk evaluasi lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT

  • Tentang Kami

    Tentang Kami

  • 24522122_ml

    Mengapa Anda Bisa Menjadi Tidak Subur?

    Infertility adalah ketidakmampuan pasangan suami istri untuk mencapai kehamilan setelah 1 tahun berhubungan tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau ketidakmampuan untuk mempertahankan kehamilan. Umumnya, pasangan butuh 5-6 bulan untuk bisa hamil. Mengapa seseorang bisa tidak subur? Lihat lebih...

  • 32011467_l

    Pengaruh Obesitas pada Kesuburan

    Obesitas merupakan masalah yang umum terjadi di seluruh dunia. Kelebihan berat badan dan obesitas sering dihubungkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dll. Apa pengaruh obesitas pada kesuburan? Baca informasi lebih lengkapnya di artikel ini.

  • keluarga 6

    Keluarga Morula

    Keluarga Morula

  • Menunda Kehamilan dan Risikonya pada Kesuburan

    Kehamilan memang harus direncanakan dan butuh persiapan. Pasangan yang memutuskan menikah, tidak berarti serta merta siap untuk punya anak. Banyak pasangan suami istri yang ingin menunda untuk punya anak dengan alasan ingin beradaptasi dulu dengan pasangan, menyelesaikan pendidikan, mencapai...

TESTIMONIAL

5th yll sempet minder blm dikasi keturunan, lgs fokus cari tau Αϑα apa dg reproduksi αкυ ϑάn suami, tentunya cari info dok yg sekiranya oke jg dong. Tanpa pikir panjang, lgs ke BIC (dr ivan) mll proses periksa bertahap, αкυ suami putuskan  ikut ivf. Dengan pantauan team dokter suster handal, sabar, komunikatif, ϑάn  kami  bismillah, yakin, sabar, bdoa, ikhtiar, ikhlas Alhamdulilah, اللّهَُ kasih jalan, ivf kami berhasil, kehamilan kembar tripet. . Alhamdulillah semua tumbuh sehat, .. ♔τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ч̲̅o̲̅u̲̅♔ team BIC  ({})

Setelah lebih dari 10 tahun saya & suami mencoba u/ memiliki anak, Morula menjadi tempat dimana kami dapat mewujudkan harapan. Di Klinik Morula kami mendapatkan pelayanan dan konsultasi yg profesional, tanpa mengalami kendala berarti, dua bulan setelah mengikuti proses awal IVF, saya dinyatakan hamil.Kebahagian bertambah dibulan berikutnya dengan adanya kabar bahwa saya hamil triplet. Rasa bahagia dan syukur yg mendalam atas keberhasilan program IVF yg kami jalankan. Thanks to Dr. Indra Anwar dan Dr. Agustin serta seluruh perawat yg terlibat dlm keberhasilan program IVF. Keep the good work!

Tidak pernah terbayang, bila kini hari hariku dan suami, ramai oleh riuh rendah suara anak-anak dan segala perabotannya. Dalam waktu 2 tahun setelah 9 tahun kosong, triplet ( Raina, dan adiknya rayya terlahir mengisi kehidupan kami. Thanks to God, dr ivan and morula, harapan itu bisa menjadi kenyataan. Aku bisa memeluk, mencium dan bermain bersama keempat buah hatiku. Lengkap sudah rasanya .. life is miracle. Morula is a miracle ..

‎Mimpi 11 thn pernikahan saya terwujud ditahun 2014 dengan kelahiran baby Gwen Shania Ivanikarmel Sinaga melalui program ivf di Morula Jakarta..saya mengucapkan trimakasih buat dr Ivan Sini SpOG yang sudah sabar membantu proses bayi tabung dan proses kelahiran baby Gwen ke dunia ini.. 

Semua testimoni
GALERI
  • IMG_0507
  • WhatsApp Image 2017-07-31 at 1.29.06 PM
  • IMG_917944
  • unnamed
  • 14692061_1147553608656647_1880102189472884558_o
  • IMG-20160408-WA0043(1)
  • 10522767_923472937731383_597399852056795438_n
  • aktivitas-morula-2
  • baby6-w
  • Morula IVF 1
  • keluarga 6
  • foto2-morula10
  • foto2-morula45
  • foto2-morula61