BAHASA | ENGLISH | 中国
ARTIKEL

Fertility Preservation

 
Fertility Preservation

Fertility Preservation

Fertility Preservation atau Pelestarian kesuburan adalah proses menyimpan atau melindungi telur, sperma, atau jaringan reproduksi sehingga dapat digunakan untuk memiliki anak biologis di masa depan. Beberapa alasan yang mungkin membuat seseorang mempertimbangan untuk melakukan fertility preservation antara lain:

  • Indikasi medis. fertility preservation dapat dilaksanakan untuk memungkinkan pengobatan kondisi medis tertentu yang dapat mempengaruhi kesuburan di masa depan, misalnya sebelum perawatan kanker. Beberapa jenis pengobatan kanker berisiko tinggi terhadap infertilitas, dengan dilaksanakannya fertility preservation sebelum terapi, hal ini akan mengatasi masalah infertilitas di masa depan.
  • Pertimbangan pribadi. Kesuburan sangat dipengaruhi oleh usia, seiring bertambahnya usia maka semakin menurun potensi seseorang untuk memiliki keturunan. Fertility preservation dapat digunakan untuk menunda proses ini hingga siap untuk memulai sebuah keluarga.
  • Dalam kasus khusus dimana Anda berada pada risiko cedera atau kematian

fertility preservation melibatkan pembekuan dan penyimpanan telur, sperma, atau embrio untuk digunakan di masa depan. Dalam kasus yang jarang terjadi, fertility preservation juga dapat melibatkan pembekuan dan penyimpanan ovarium atau jaringan testis. Sejumlah metode yang tersedia dalam fertility preservation, antara lain:

  • Embryo cryopreservation/ kriopreservasi Embrio / simpan beku
  • Egg cryopreservation/ kriopreservasi sel Telur / simpan beku
  • Ovarian Tissue freezing simpan beku jaringan ovarium
  • Sperm cryopreservation/ kriopreservasi Sperma / simpan beku
  • Testicular Tissue Freezing/ simpan beku jaringan testis

 

Metode fertility preservation untuk wanita meliputi:

  • Embryo cryopreservation

Metode ini juga disebut simpan beku embrio. Embryo cryopreservation merupakan pilihan metode yang paling umum digunakan karena memiliki tingkat kesuksesan paling tinggi dibandingkan dengan metode lain. Prosedur yang digunakan kurang lebih sama dengan metode IVF (in-vitro fertilization/ Bayi Tabung) namun embrio tidak ditanamkan lagi ke rahim melainkan disimpan beku dengan proses kriopreservasi atau vitrifikasi. Prosedur diawali dengan pemberian obat-obatan untuk merangsang pematangan sel telur. Kemudian seperti hal nya IVF, sel telur akan diambil melalui proses OPU (Ovum Pick Up), telur kemudian dibuahi dengan sperma dari pasangannya di laboratorium. Embrio yang dihasilkan dibekukan dan disimpan untuk digunakan di masa depan. Embrio beku adalah metode yang paling efektif untuk wanita yang ingin mempertahankan kesuburan mereka - namun, hal ini hanya mungkin dilakukan jika anda memiliki pasangan karena dibutuhkan sperma untuk pembuahan.

Kemungkinan hamil akan dipengaruhi pada jumlah dan kualitas embrio beku yang nantinya dicairkan, serta usia wanita saat dilakukan ET (Embryo Transfer) – penanaman embrio ke dalam rahim .

  • Egg cryopreservation

Metode ini mirip dengan embrio kriopreservasi, kecuali bahwa telur yang tidak dibuahi melainkan langsung dibekukan dan disimpan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kesempatan untuk hamil dengan menggunakan telur beku lebih rendah. Namun, kemajuan teknologi baru-baru ini cukup signifikan sehingga pembekuan sel telur menjadi pilihan yang realistis.

Ketahanan sel Telur tidak sebaik embrio dalam melalui proses pembekuan dan thawing (pencairan), dan umumnya tingkat keberhasilan yang dihasilkan tidak setinggi pembekuan embrio. Namun, hadirnya kriopreservasi dan vitrifikasi (metode untuk pembekuan) baru-baru ini telah menunjukkan peningkatkan peluang sel telur untuk bertahan dalam proses pembekuan-pencairan sehingga meningkatkan keberhasilan.

  • Ovarian Tissue freezing

Pembekuan jaringan ovarium masih dalam tahap penelitian, tetapi mungkin dapat menjadi pilihan yang cocok bagi anak perempuan yang belum mencapai pubertas, yang sedang menjalani perawatan medis yang dapat mempengaruhi kesuburan di masa depan. Sebelum pubertas, Embryo cryopreservation dan Egg cryopreservation tidak dapat dilakukan karena belum ada sel telur yang matang.

Metode fertility preservation untuk pria meliputi:

  • Sperm cryopreservation

Dalam proses Sperm cryopreservation, seorang pria memberikan sampel air mani nya. Air mani kemudian diproses, dibekukan dengan proses kriopreservasi dan disimpan untuk digunakan di masa depan. Sperm cryopreservation adalah metode fertility preservation yang paling efektif untuk melestarikan kesuburan seorang pria. Penelitian telah menunjukkan bahwa penyimpanan sperma untuk waktu yang lama tidak mengubah kemampuannya untuk membuahi sel telur.

Para peneliti juga sedang menjajaki pembekuan jaringan testis sebagai pilihan pelestarian kesuburan bagi pria dan anak laki-laki yang menjalani pengobatan kanker, namun hingga saat ini efektifitasnya belum dapat dinilai.

Beberapa metode diatas, telah tersedia secara luas. Namun, pembekuan gonad (pembekuan jaringan ovarium dan testis) masih sangat eksperimental, saat ini hanya beberapa pusat IVF di dunia yang menawarkan pembekuan jaringan ovarium atau testis. Ketahui lebih lanjut mengenai Embryo cryopreservation pada artikelApakah yang terjadi pada embrio yang tidak ditransfer? ; danmengenai Egg cryopreservation serta Sperm cryopreservation pada artikel Metode penyimpanan sperma dan sel telur.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan terbaik pelestarian kesuburan untuk Anda.

ARTIKEL TERKAIT

  • 24522122_ml

    Mengapa Anda Bisa Menjadi Tidak Subur?

    Infertility adalah ketidakmampuan pasangan suami istri untuk mencapai kehamilan setelah 1 tahun berhubungan tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau ketidakmampuan untuk mempertahankan kehamilan. Umumnya, pasangan butuh 5-6 bulan untuk bisa hamil. Mengapa seseorang bisa tidak subur? Lihat lebih...

  • 32011467_l

    Pengaruh Obesitas pada Kesuburan

    Obesitas merupakan masalah yang umum terjadi di seluruh dunia. Kelebihan berat badan dan obesitas sering dihubungkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dll. Apa pengaruh obesitas pada kesuburan? Baca informasi lebih lengkapnya di artikel ini.

  • keluarga 6

    Keluarga Morula

    Keluarga Morula

  • Menunda Kehamilan dan Risikonya pada Kesuburan

    Kehamilan memang harus direncanakan dan butuh persiapan. Pasangan yang memutuskan menikah, tidak berarti serta merta siap untuk punya anak. Banyak pasangan suami istri yang ingin menunda untuk punya anak dengan alasan ingin beradaptasi dulu dengan pasangan, menyelesaikan pendidikan, mencapai...

  • 10440797_1090693697623062_4186780394987870460_n

    Preeklamsia Pada Ibu Hamil

    Bagi #morulamom yang sedang mengandung sebaiknya memperhatikan tekanan darahnya, karena pada Ibu hamil hipertensi dapat mengakibatkan preeklamsia yang membahayakan keselamatan Ibu dan janin.

TESTIMONIAL

5th yll sempet minder blm dikasi keturunan, lgs fokus cari tau Αϑα apa dg reproduksi αкυ ϑάn suami, tentunya cari info dok yg sekiranya oke jg dong. Tanpa pikir panjang, lgs ke BIC (dr ivan) mll proses periksa bertahap, αкυ suami putuskan  ikut ivf. Dengan pantauan team dokter suster handal, sabar, komunikatif, ϑάn  kami  bismillah, yakin, sabar, bdoa, ikhtiar, ikhlas Alhamdulilah, اللّهَُ kasih jalan, ivf kami berhasil, kehamilan kembar tripet. . Alhamdulillah semua tumbuh sehat, .. ♔τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ч̲̅o̲̅u̲̅♔ team BIC  ({})

Setelah lebih dari 10 tahun saya & suami mencoba u/ memiliki anak, Morula menjadi tempat dimana kami dapat mewujudkan harapan. Di Klinik Morula kami mendapatkan pelayanan dan konsultasi yg profesional, tanpa mengalami kendala berarti, dua bulan setelah mengikuti proses awal IVF, saya dinyatakan hamil.Kebahagian bertambah dibulan berikutnya dengan adanya kabar bahwa saya hamil triplet. Rasa bahagia dan syukur yg mendalam atas keberhasilan program IVF yg kami jalankan. Thanks to Dr. Indra Anwar dan Dr. Agustin serta seluruh perawat yg terlibat dlm keberhasilan program IVF. Keep the good work!

Tidak pernah terbayang, bila kini hari hariku dan suami, ramai oleh riuh rendah suara anak-anak dan segala perabotannya. Dalam waktu 2 tahun setelah 9 tahun kosong, triplet ( Raina, dan adiknya rayya terlahir mengisi kehidupan kami. Thanks to God, dr ivan and morula, harapan itu bisa menjadi kenyataan. Aku bisa memeluk, mencium dan bermain bersama keempat buah hatiku. Lengkap sudah rasanya .. life is miracle. Morula is a miracle ..

‎Mimpi 11 thn pernikahan saya terwujud ditahun 2014 dengan kelahiran baby Gwen Shania Ivanikarmel Sinaga melalui program ivf di Morula Jakarta..saya mengucapkan trimakasih buat dr Ivan Sini SpOG yang sudah sabar membantu proses bayi tabung dan proses kelahiran baby Gwen ke dunia ini.. 

Semua testimoni
GALERI
  • IMG_0507
  • WhatsApp Image 2017-07-31 at 1.29.06 PM
  • IMG_917944
  • unnamed
  • 14692061_1147553608656647_1880102189472884558_o
  • IMG-20160408-WA0043(1)
  • 10522767_923472937731383_597399852056795438_n
  • aktivitas-morula-2
  • baby6-w
  • Morula IVF 1
  • keluarga 6
  • foto2-morula10
  • foto2-morula45
  • foto2-morula61