BAHASA | ENGLISH | 中国
ARTIKEL

Faktor Ketidaksuburan Pada Wanita

 

1. Gangguan pada Organ Reproduksi

Ada beberapa gangguan yang biasanya terdapat pada vagina, di antaranya :

  • Tingkat keasaman tinggi.
    Bila terjadi infeksi pada vagina, biasanya kadar keasaman dalam vagina akan meningkat. Kondisi ini akan menyebabkan sperma mati sebelum sempat membuahi sel telur. Kadar keasaman vagina juga menyebabkan vagina mengerut sehingga perjalanan sperma di dalamvagina terhambat.
  • Gangguan pada leher rahim, uterus (rahim) danTuba fallopi (saluran telur).
    Dalam keadaan normal, pada leher rahim terdapat lendir yang dapat memperlancar perjalanan sperma. Jika produksi lendir terganggu, maka perjalanan sperma akan terhambat. Sedangkan jika dalam rahim, yang berperan adalah gerakan di dalam rahim yang mendorong spermabertemu dengan sel telur matang. Jika gerakan rahim terganggu, (akibat kekurangan hormone prostaglandin) maka gerakan sperma melambat. Terakhir adalah gangguan pada saluran telur. Didalam saluran inilah sel telur bertemu dengan sel sperma. Jika terjadi penyumbatan di dalam saluran telur, maka sperma tidak bisa membuahi sel telur. Sumbatan tersebut biasanya disebabkan oleh penyakit salpingitis, radang pada panggul (Pelvic Inflammatory Disease) atau penyakt infeksi yang disebabkan oleh jamur klamidia.

2. Gangguan Ovulasi

Ovulasi atau proses pengeluaran sel telur dariovarium terganggu jika terjadi gangguan hormonal. Salah satunya adalah polikistik. Gangguan ini diketahui sebagai salah satu penyebab utama kegagalan proses ovulasi yang normal. Ovarium polikistik disebabkan oleh kadar hormon androgen yang tinggi dalam darah. Kadar androgen yang berlebihan ini mengganggu hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone) dalam darah. Gangguan kadar hormon FSH ini akan mengkibatkan folikel sel telur tidak bisa berkembang dengan baik, sehingga pada gilirannya ovulasi jugaakan Terganggu.

3. Kegagalan Implantasi

Setelah sel telur dibuahi oleh sperma dan seterusnya berkembang menjadi embrio, selanjutnya terjadi proses nidasi (penempelan) pada endometrium. Perempuan yang memiliki kadar hormone progesteron rendah, cenderung mengalami gangguan pembuahan. Diduga hal ini disebabkan oleh antara lain karena struktur jaringan endometrium tidak dapat menghasilkan hormon progesteron yang memadai.

4. Endometriosis

Endometriosis adalah istilah untuk menyebutkan kelainan jaringan endometrium (rahim) yang tumbuh di luar rahim. Jaringan abnormal tersebut biasanya terdapat pada ligamen yang menahanuterus, ovarium,Tuba fallopii, rongga panggul, usus, dan berbagai tempat lain. Sebagaimana jaringan endometrium normal, jaringan ini mengalami siklus yang menjadi respon terhadap perubahan hormonal sesuai siklus menstruasi perempuan.

5. Kelainan Hormon

6. Kekurangan Gizi

7. Kista Ovarium

8. Infeksi Panggul

9. Tumor

10. Kelainan Lendir Servikal (Lendir Leher Rahim)

Lendir pada serviks bertindak sebagai penyaring yang menghalangi masuknya bakteri dari vagina ke dalam rahim. Lendir ini juga berfungsi memperpanjang kelangsungan hidup sperma. Lendir pada serviks adalah kental dan tidak dapat ditembus oleh sperma kecuali pada fase folikuler dari siklus menstruasi. Selama fase folikuler, terjadi peningkatan hormon estradiol sehingga lendir lebih jernih dan elastis dan bisa ditembus oleh sperma. Selanjutnya sperma menuju kerahim lalu ke tuba falopii dan terjadilah pembuahan di tuba falopii.

11.Kelainan Sistem Pengangkutan dari Leher Rahim ke Tuba Falopii (Saluran Telur)

12. Kelainan pada Tuba Falopii

Bisa terjadi kelainan struktur maupun fungsi tuba falopii. Penyebab yang utama adalah :

  • Infeksi
  • Endometriosis
  • Pengikatan tuba pada tindakan sterilisasi

ARTIKEL TERKAIT

  • Signing Agreement Morula IVF and Evesunny Ghuangzhou China of Medical Tourism

    Signing agreement Morula IVF Jakarta and Evesunny Ghuangzhou China of medical tourism (21 April 2015)

  • udoc

    konsultasi Online

    Memiliki buah hati adalah impian setiap pasangan suami istri, melalui peran serta Morula IVF Jakarta bersama Udoctor Indonesia kami ingin membantu pasangan suami istri untuk dapat memiliki buah hati melalui konsultasi online.

  • pcos

    AKU PCOS, APA YANG HARUS KULAKUKAN?

    Polycystic Ovary syndrome (PCOS) atau disebut juga Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK) merupakan kelainan endokrin/hormonal yang paling erring dijumpai pada perempuan usia subur. 1 dari 10 wanita usia subur menderita PCOS. Masalah yang paling sering diakibatkan oleh PCOS adalah gangguan...

  • cadanganovarium

    Menilai Cadangan Sel Telur

    Hasil pengujian cadangan ovarium atau ovarium reserve sering dipandang oleh pasien sebagai kabar baik maupun kabar buruk. Kabar buruknya adalah untuk pasien dengan cadangan ovarium yang rendah, kemungkinan suksesnya kehamilan atau suatu terapi infertilitas sangat terbatas. Ketika dihadapkan...

  • istock_000032028624large-sperm

    Semen Analysis (pemeriksaan sperma)

    Semen analysis merupakan sebuah pemeriksaan laboratorium yang bertujuan untuk menganalisis berapa banyak air mani (semen) yang dihasilkan seorang pria serta menunjukkan jumlah dan kualitas sperma dalam air mani.Pemeriksaan ini merupakan salah satu langkah pemeriksaan pertama yang dilakukan untuk...

TESTIMONIAL

5th yll sempet minder blm dikasi keturunan, lgs fokus cari tau Αϑα apa dg reproduksi αкυ ϑάn suami, tentunya cari info dok yg sekiranya oke jg dong. Tanpa pikir panjang, lgs ke BIC (dr ivan) mll proses periksa bertahap, αкυ suami putuskan  ikut ivf. Dengan pantauan team dokter suster handal, sabar, komunikatif, ϑάn  kami  bismillah, yakin, sabar, bdoa, ikhtiar, ikhlas Alhamdulilah, اللّهَُ kasih jalan, ivf kami berhasil, kehamilan kembar tripet. . Alhamdulillah semua tumbuh sehat, .. ♔τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ч̲̅o̲̅u̲̅♔ team BIC  ({})

Setelah lebih dari 10 tahun saya & suami mencoba u/ memiliki anak, Morula menjadi tempat dimana kami dapat mewujudkan harapan. Di Klinik Morula kami mendapatkan pelayanan dan konsultasi yg profesional, tanpa mengalami kendala berarti, dua bulan setelah mengikuti proses awal IVF, saya dinyatakan hamil.Kebahagian bertambah dibulan berikutnya dengan adanya kabar bahwa saya hamil triplet. Rasa bahagia dan syukur yg mendalam atas keberhasilan program IVF yg kami jalankan. Thanks to Dr. Indra Anwar dan Dr. Agustin serta seluruh perawat yg terlibat dlm keberhasilan program IVF. Keep the good work!

Tidak pernah terbayang, bila kini hari hariku dan suami, ramai oleh riuh rendah suara anak-anak dan segala perabotannya. Dalam waktu 2 tahun setelah 9 tahun kosong, triplet ( Raina, dan adiknya rayya terlahir mengisi kehidupan kami. Thanks to God, dr ivan and morula, harapan itu bisa menjadi kenyataan. Aku bisa memeluk, mencium dan bermain bersama keempat buah hatiku. Lengkap sudah rasanya .. life is miracle. Morula is a miracle ..

‎Mimpi 11 thn pernikahan saya terwujud ditahun 2014 dengan kelahiran baby Gwen Shania Ivanikarmel Sinaga melalui program ivf di Morula Jakarta..saya mengucapkan trimakasih buat dr Ivan Sini SpOG yang sudah sabar membantu proses bayi tabung dan proses kelahiran baby Gwen ke dunia ini.. 

Semua testimoni
GALERI
  • IMG_0507
  • WhatsApp Image 2017-07-31 at 1.29.06 PM
  • IMG_917944
  • unnamed
  • 14692061_1147553608656647_1880102189472884558_o
  • IMG-20160408-WA0043(1)
  • 10522767_923472937731383_597399852056795438_n
  • aktivitas-morula-2
  • baby6-w
  • Morula IVF 1
  • keluarga 6
  • foto2-morula10
  • foto2-morula45
  • foto2-morula61