Morula IVF

Mengenal Penyakit Ambeien pada Ibu Hamil, Amankah?

December 6, 2022

Mengenal Penyakit Ambeien pada Ibu Hamil, Amankah?

Penyakit ambeien adalah penyakit yang cukup banyak dialami oleh masyarakat, tak terkecuali ibu hamil. Ambeien pada ibu hamil umumnya terjadi pada trimester akhir kehamilan dimana rahim mulai membesar dan terjadi peningkatan volume darah ke pembuluh darah vena. Tak hanya itu, ibu hamil yang kesulitan bergerak juga bisa menjadi pemicu munculnya ambeien pada ibu hamil.

Sebenarnya ambeien pada ibu hamil tidak berbahaya, namun bisa menjadi penyulit persalinan normal. Perlu Anda ketahui bahwa ambeien adalah pembengkakan yang terjadi di sekitar anus yang dapat menyebabkan pendarahan serta rasa sakit.

Lantas apakah semua ibu hamil berpotensi mengalami ambeien? Bagaimana ciri-ciri ambeien pada ibu hamil dan cara mengatasinya? Mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Ambeien

Seperti yang telah disinggung diatas, ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada daerah anus. Pembengkakan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu eksternal atau di luar anus dan internal atau di dalam anus. Keduanya dapat menyebabkan rasa sakit dan pendarahan yang derajatnya bervariasi, tergantung dari tingkat keparahan ambeien itu sendiri.

Ambeien atau yang dikenal dengan wasir pada awalnya tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali. Namun ketika sudah parah, maka penderitanya bisa mengalami rasa nyeri baik saat buang air besar maupun tidak.

Ciri-ciri Ambeien pada Ibu Hamil

Untuk mengetahui ada tidaknya ambeien pada ibu hamil, Anda bisa melihat beberapa ciri-ciri ambeien yang terjadi pada ibu hamil berikut ini:

1. Pendarahan Setelah Buang Air Besar

Ciri-ciri ambeien pada ibu hamil yang pertama adalah munculnya pendarahan. Pendarahan ini berbeda dari pendarahan akibat kehamilan karena tidak menyebabkan rasa sakit maupun kram di area perut. Bahkan meskipun pendarahan keluar dari anus, Anda tidak akan merasakan sakit sama sekali.

2. Rasa Gatal dan Nyeri di Sekitar Anus

Rasa gatal dan juga nyeri di sekitar anus juga bisa menjadi ciri-ciri ambeien pada ibu hamil. Gatal dapat muncul sebelum buang air besar, sedangkan rasa nyeri umumnya baru muncul setelah, atau setelah mengejan terlalu kuat. 

3. Adanya Benjolan yang Gatal dan Panas

Selain itu, gejala atau ciri ambeien adalah adanya benjolan pada anus. Anda bisa merasakan benjolan ini saat merabanya. Umumnya benjolan tidak terasa sakit, namun hanya mengganjal saja. Namun pada ambeien yang parah, benjolan tersebut dapat memicu rasa gatal dan panas.

4. Rasa Sakit saat Mengejan

Ibu hamil perlu mencurigai adanya ambeien jika merasakan sakit atau nyeri ketika mengejan. Ini menjadi salah satu tanda ambeien internal, yaitu pembengkakan pembuluh darah yang tidak terasa atau teraba dari luar.

Penyebab Ambeien pada Ibu Hamil

Ibu hamil berisiko mengalami ambeien lebih tinggi karena beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya gerak atau aktivitas di trimester akhir kehamilan. Selain itu, terdapat beberapa penyebab ambeien lain yang umumnya terjadi pada ibu hamil, yaitu:

  • Sering menahan buang air besar
  • Duduk terlalu lama
  • Mengejan terlalu lama
  • Kurang serat, sayur, dan buah
  • Peningkatan hormon kehamilan
  • Peningkatan volume darah ke pembuluh besar
  • Tekanan pada anus karena rahim membesar memicu sembelit
  • Mengangkat benda berat

Mengejan terlalu kuat menjadi penyebab paling terjadinya ambeien paling sering. Saat proses mengejan, tekanan pembuluh darah di sekitar anus menjadi lebih kuat dan akhirnya memicu pendarahan.

Mengatasi Ambeien pada Ibu Hamil

Lantas bagaimana cara mengatasi ambeien pada ibu hamil? Ambeien pada hemailan memang sulit dicegah, namun bukan berarti dibiarkan begitu saja. Lakukan beberapa perawatan berikut ini ketika ambeien terjadi:

1. Bergerak Lebih Sering

Ambeien akan semakin parah ketika Anda terlalu lama duduk. Oleh sebab itu, ibu hamil sebaiknya tetap melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan disarankan untuk lebih banyak bergerak. Saat duduk terlalu lama, lakukan stretching ringan dengan berjalan-jalan di sekitar ruangan setiap 1 jam sekali.

2. Perbanyak Serat

Pemicu munculnya ambeien yang parah adalah sembelit. Oleh sebab itu, Anda bisa mencegah sembelit dengan mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan. Pastikan juga air putih tercukupi supaya ambeien tidak lagi mengganggu.

3. Kompres dengan Es

Untuk mengatasi ambeien secara alami, Anda bisa mengompres sekitar anus dengan es batu. Es batu mampu mengurangi bengkak di sekitar anus dengan cepat. Anda disarankan untuk melakukan ini minimal 4 kali sehari guna mengurangi gejala ambeien.

4. Senam Kegel

Terakhir, jangan ragu untuk melakukan senam kegel, ya! Selain baik untuk persalinan, senam kegel juga dapat membantu mengatasi ambeien pada ibu hamil. Senam kegel mampu mengencangkan otot panggul yang menopang kandung kemih, rahim, dan juga anus.

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang ambeien pada ibu hamil. Ambeien adalah penyakit atau gangguan yang tidak mengancam nyawa, namun sangat mengganggu kehamilan. Oleh sebab itu, pastikan Anda melakukan beberapa tips diatas jika terserang ambeien, ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung